5 TIPS AGAR USAHA TETAP BERJALAN DENGAN CARA YANG BERBEDA

oleh : Glory Sunarto


Posted on June 04, 2020 20:08

1263 views



1. Sederhanakan Proses

Tergantung pada jenis usaha yang dilakukan, operating process pasti memiliki alurnya masing-masing. Tetapi, di saat pandemi, yang sebagian besar usaha mungkin harus merumahkan anggota timnya, alur usaha juga harus disesuaikan dan dibuat lebih ringkas, walaupun harus tetap transparan dan bertanggung jawab. 

- Gunakan online platform untuk meletakkan semua dokumen yang diperlukan. Misalnya di Google Drive. Ini untuk memudahkan proses review atau pemeriksaan.

- Persetujuan bisa dilakukan melalui email. Siapkan tanda tangan elektronik, dan jika perlu, berikan autorisasi bagi anggota tim yang secara administratif akan melakukan proses “perjalanan” dokumen, agar tidak terlalu banyak email yang hilir mudik.

- Tetap harus pakai kertas, tapi tidak ada yang merapikan? Foto setiap dokumen (kertas) beri tanggal dan judul yang sesuai lalu simpan pada folder di komputer atau di handphone jika memorinya cukup banyak tersedia.

2. Buat Target dengan Output yang Realistis

Jika dalam kondisi normal, selalu bisa mencapai output 100% atau bahkan lebih, turunkan target menjadi lebih realistis. Caranya?

- Buat mini survey kepada konsumen, bisa menggunakan media sosial, WhatsApp, atau telepon survei. Hal ini akan memberi gambaran tentang apa yang sedang terjadi dengan para pelanggan di luar sana, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana “perasaan” mereka.

- Hasil survei setidaknya dapat memperlihatkan trend saat ini. Maka, sesuaikan target usaha, misalnya 20%-25% selama tiga bulan ke depan.

3. Update Rencana Mingguan

Secara internal, selalu buat, review dan update rencana kerja untuk satu minggu ke depan. Ini terasa agak repot untuk beberapa jenis usaha. Tetapi, di tengah situasi yang tidak menentu, hal ini menjadi penting agar kita bisa beradaptasi secara cepat. Apakah itu mengubah target, menyesuaikan anggaran atau menggunakan sumber daya yang lain.

4. Komunikasi dengan Tim!

- Ketiga hal di atas tidak akan berjalan tanpa seluruh tim mengetahui apa yang sedang terjadi. Jadi, komunikasikan semua perubahan yang terjadi kepada tim. Perubahan strategi, SOP, output, anggaran, maupun hal lainnya harus dikomunikasikan dengan baik kepada seluruh anggota tim secara terbuka.

- Agar tidak ada informasi yang bias, lakukan pertemuan dengan tim setidaknya sekali seminggu (bisa melalui video call) untuk memastikan rencana kerja dapat dilakukan dan cukup realistis

5. Fokus pada Hal yang Bisa Kita Kontrol

- Sematang apapun rencana yang kita buat, akan ada faktor eksternal yang mungkin menghambat rencana tersebut. Jadi, selalu siap untuk kreatif, cari alternatif, beradaptasi dan fleksibel untuk melakukan penyesuaian.

- Fokus pada kekuatan kita, apa yang saat ini kita miliki dan bisa kita lakukan. Optimalkan apa yang kita tahu bisa berjalan baik secara internal, jangan fokus untuk mengubah sesuatu (masalah) yang datang dari luar. 


Selengkapnya dapat diunduh disini
Search
Author
Foto Penulis

Glory Sunarto

Mentor Manajemen Proyek dan Pengembangan Tim


MicroMentor Indonesia