Panduan Praktis 10 Langkah Mengembangkan Desa Wisata Hijau


Posted on June 14, 2021 18:14

1516 views



DESA adalah masa depan Indonesia, karena mayoritas wilayah pembangunan berada di perdesaan, serta menyimpan berbagai sumber daya yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. BPS mencatat setidaknya terdapat 83.820 wilayah administrasi setingkat desa di Indonesia pada tahun 2019.

Di samping itu, desa juga memiliki keunikan tersendiri yang mendorong terjadinya kunjungan orang dari luar desa, misalnya untuk melakukan kegiatan penelitian, aktivitas sosial, sekedar menikmati suasana desa, atau sengaja ingin tinggal dan menghayati kehidupan sehari-hari di desa.

Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa melalui kegiatan pariwisata diperlukan kesiapan berbagai aspek (sosial, ekonomi, dan lingkungan) agar dapat memenuhi kriteria sebagai sebuah desa wisata yang berkelanjutan atau Desa Wisata Hijau (DWH).

Guna membantu para pihak dalam pengembangan DWH, pada tahun 2016 Kementerian Koperasi dan UKM telah menyusun Panduan Pengembangan Desa Wisata Hijau. Panduan versi pertama tersebut disusun untuk menjadi panduan koordinasi dan kerja bersama antar Kementerian/Lembaga (K/L). Panduan tersebut juga disiapkan sebagai acuan untuk menyamakan wawasan dan cara pandang pembangunan DWH dan mengidentifi kasi berbagai peranan masing-masing K/L Pusat dan pihak lainnya dalam pengembangan DWH. Panduan tahun 2016 tersebut memuat pengertian dasar, aspek-aspek kebijakan pendukung, serta tahapan umum dalam pengembangan DWH.

Panduan Praktis yang sedang Anda baca ini disusun untuk melengkapi panduan sebelumnya, guna membantu para pemangku kepentingan dalam pengembangan desa wisata untuk merealisasikan pengembangan DWH secara lebih terstruktur.

Silahkan scan QR Code berikut untuk mendownload Buku Panduan ini

 


Search